Detail :: Data Jembatan

Bantar I Bridge



No. Jembatan-
Kondisi UmumPerlu Pemeliharaan
Jenis JembatanGantung
NegaraIndonesia
PulauJawa
PropinsiYogyakarta
Latitude (GPS)-7.8224510000000000
Longitude (GPS)110.2340750000000000

Jembatan Bantar Lama mempunyai panjang total 176 meter (48 m + 80 m + 48 m) dengan jumlah bentang 3 buah. Jenis bangunan atas berupa jembatan gantung,bangunan bawah berupa pondasi sumuran dan jenis lantainya yaitu balok dan papan kayu.

Jembatan ini berjarak kira-kira 15 km dari kota Yogyakarta. dan sudah tidak difungsikan untuk melayani lalu lintas. Karena bentuknya yang artistik, jembatan ini merupakan salah satu jembatan gantung monumental di Indonesia dan saat ini telah ditetapkan menjadi cagar budaya.

Sehubungan dengan ditetapkannya Jembatan Bantar Lama sebagai cagar budaya dan sudah lama tidak dilakukan pemeliharaan berkala, maka Satuan Kerja Pembangunan Jalan dan Jembatan Daerah Istimewa Yogyakarta akan mengalokasikan dana untuk merehabilitasi jembatan pada tahun anggaran 2011.

Selain itu salah satu keinginan masyarakat dan Legiun Veteran Republik Indonesia agar jembatan ini dijadikan monument bersejarah perjuangan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia dan akan dilengkapi biorama perjuangannya.

Sumber : http://development.mti-indonesia.com/Berita/Baca/3344



Jembatan gantung (suspension bridge) adalah sistem jembatan yang gelagar utamanya digantungkan pada suatu kabel dengan perantara penggantung (hanger) yang dihubungkan dengan pilar-pilar pada bagian ujungnya untuk meneruskan beban-beban yang diterima oleh gelagar utama dan selanjutnya diteruskan ke pondasi. Jembatan gantung yang terdapat di Yogyakarta adalah jembatan gantung Bantar Kulon Progo. Jembatan ini berdiri sejak tahun 1920an, namun dengan semakin berkembangnya kemajuan jaman, jembatan ini akhirnya ditutup.

Sumber : http://simpus.uii.ac.id/search_adv/?n=003918&l=510&b=I&j=SK




Galeri Foto